9 Jenis Penyebab Sakit Punggung Atas

Kali ini, saya akan memberi penjelasan mengenai 9 Jenis Penyebab Sakit Punggung Atas yang sering terjadi, agar dapat dihindari dan dicegah supaya tidak muncul dan tidak menyeranglagi.

Sakit punggu atas dapat membuat kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari dan harus ekstra hati-hati dalam bergerak, berdiri, dan juga posisi duduk, karena biasanya akan memberikan rasa tidak nyaman dan serba salah jiga digerakan.

9 Jenis Penyebab Sakit Punggung Atas

Untuk anda yang mengalami sakit punggu atas, pada umumnya bukan hanya punggu saja yang terasa nyeri. Akan tetapi, diikuti dengan rasa tegang atau kaku pada bahu, leher, dan kepala. Jika dibiarkan begitu saja, rasa sakit ini akan menjalar pada bagian tubuh lain.

Dibawah ini, ada 9 Jenis Penyebab Sakit Punggung Atas yang harus anda ketahui, agar dapat mencegah dan menghindarinya. Yaitu :

  • Cedera Pada Jaringan Lunak

Penyebab paling umum pada sakit punggung atas adalah adanya secera pada jaringan lunak yang dapat terjadi pada berbagai keadaan, seperti kecelakaan ataupun saat melakukan aktivitas berat. Otot, tendon, atau ligamen juga bisa bermasalah. Bagian yang bermasalah itu dapat mempengaruhi saraf yang pada akhirnya bahu dan leher menjadi sakit.

  • Tendonitis

Kondisi ini juga dikenal sebagai tendinitis. Ditandai dengan ketegangan berlebihan pada area tendon, yaitu penghubungan antara tulang dan otot. Hal ini memicu pembengkakan yang dapat menyebabkan rasa sakit.

  • Patah Tulang Selangka

Kondisi ini disebabkan akibat jatuh pada saat tangan terentang. Hal ini yang kemudian dapat memicu sakit punggung atas. Umumnya cedera semacam ini dialami saat jatuh dari kendaraan seperti seperda motor.

Grosir Ricalinu Original

  • Berat Badan Berlebih

Pada orang yang memiliki berat badan berlebih, makan beban pada otot akan lebih besar. Hal ini yang dapat menyebabkan sakit punggung dan leher.

Selain diatas, dibawah ini ada beberapa kebiasaan buruk yang dilakukan secara terus menerus dapat menyebabkan sakit punggung, adalah :

  • Kurang Olahraga

Jangan pernah meremehkan gerakan fisik. Kurang olahraga dapat membaut otot menjadi lemah dan kaku sehingga tidak mampu untuk menopang struktur tubuh dengan baik, yang pada akhirnya terserang sakit punggung, baik atas maupun bawah.

Sebaiknya anda melakukan olahraga kardiovaskular yang melatih kekuatas jantung dan pembuluh darah, serta latih kekuatan otot punggung dan perut. Olahraga yoga dan peregangan juga dapat membantu mencegah dan mengurangi sakit punggung. Lakukan olahraga minimal 2-3 kali dalam seminggu.

  • Kebiasaan Duduk Yang Buruk

Kebiasaan duduk dengan posisi yang buruk juga dapat menjadi penyebab sakit punggung atas. Hindari duduk dengan posisi tubuh membungkuk, kepala condong ke depat atau menunduk, terutama saat duduk terlalu lama di depat komputer ataupun saat menunduk terlalu lama ketika berbaik gadget.

Posisi seperti itu dapat membuat saraf tertekan dan otot kejang, sehingga berpotensi membuat sakit punggung atas, yang dapat menjalar hingga ke lengan dan kepala.

  • Sepatu Yang Kurang Mendukung Gerak Tubuh

Untuk yang kali ini mungkin banyak orang yang tidak percara, tapi kenyataanya. Sepatu yang digunakan bisa saja menjadi penyebab sakit punggu atas, tidak hanya sepatu yang memiliki hak saja, tapi sepatu biasa juga dapat memberikan efek yang sama. Terutama jika dasar bagian sepatu sudah aus atau bentuk lengkungannya kurang tepat dengan struktur telapak kaki. Sepatu seperti ini dapat mengubah gaya berjalan dan mempengaruhi tumpuan tubuh, inilah yang memungkinkan terjadinya sakit punggung.

  • Tempat Tidur Yang Membuat Tubuh Melengkung

Tempat tidur yang tepat dapat membantu Anda terhindar dari sakit punggung, yaitu kasur yang bersentuhan langsung dengan tubuh. Dengan syarat, tidak terdapat celah antara tubuh dan kasur ketika Anda berbaring. Cara mudah untuk menilai tempat tidur itu masih baik dalam menopang tubuh Anda yaitu tidak akan melengkung ke dalam ketika digunakan untuk berbaring. Tempat tidur seperti ini tidak menyokong struktur tulang belakang Anda dengan baik, sehingga keluhan sakit punggung atas dan bawah mudah muncul dan berulang. Jika tempat tidur Anda seperti ini, mungkin sudah saatnya mengganti tempat tidur baru.

  • Tas Yang Terlalu Berat

Hindari membawa tas dengan beban berat, apalagi dalam waktu lama. Tas yang terlalu berat akan memengaruhi lekuk tulang belakang. Lama kelamaan hal ini dapat menyebabkan sakit punggung.

Sudah dijelaskan diatas, bagaimana 9 Jenis Penyebab Sakit Punggung Atas yang harus dapat di hindari agar tidak serang penyakit sakit punggung yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Semoga Bermanfaat

9 Jenis Penyebab Sakit Punggung Atas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *